Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Calingcing Untuk Kesehatan tubuh (OXALIS BARRELIERI)

salam sejahtra buat kita semua dalam kesempatan kali ini saya akan berusah untuk berbagi sedikit pengetahuan saya tentang tumbuhan calingcing atau belimbing tanah yang bernama latin OXALIS BARRELIERI tumbuhan ini memiliki ciri ciri :

 1. Habitus: Oxallis barrelieri berupa semak tegak berkayu dengan tinggi ± 60 cm, batangnya berbentuk silindris, permukaannya halus, berwarna hijau agak kecoklatan.
2.Bunga :Oxallis barrelieri memiliki bunga majemuk dengan tangkai malai yang panjang ( ±3cm) yang tumbuh di ketiak daun; bunga berbentuk terompet; kelopak bunga berjumlah 5 helai berwarna hijau

 3.Mahkota bunga sebanyak 5 helai yang bersatu dibagian dasarnya; mahkota bunga berwarna merah muda dan bagian dasarnya berwarna kuning;; Putik berjumlah 1buah; kepala sari berjumlah 5 buah berwarna kuning . Tanaman ini dapat berbunga sepanjang tahun.

4.Buah: berbentuk seperti buah belimbing tapi agak bulat; bertaju 5 . Buah yang sudah tua akan pecah dan bijinya akan tersebar keluar. Biji berukuran kecil; berbentuk bulat; berwarna kuning.

5.Daun :berdaun majemuk, terdiri dari 3 anak daun yang berbentuk bulat telur ( trifolia) dengan panjang ± 2-3cm dan lebar ± 1-2cm, tulang daun menyirip, tangkai daun panjang , tepi daunnya rata . Akar : berupa akar tunggang.

Klasifikasi Kingdom:
 Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) Sub Kelas: Rosidae Ordo: Geraniales Famili: Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan) Genus: Oxalis Spesies: Oxalis barrelieri L.
Syn: Acetosella barrelieri (L.) Kuntze, Oxalis amazonica Progel

Kandungan Zat aktif :.

 Oxalis barrelieri L. mengandung senyawa polifenol. dan saponin dengan kadar rendah sehingga tidak menimbulkan efek allergi. Daun Oxalis barrelieri mengandung asam oksalat sehingga menimbulkan rasa asam yang tajam, sebaiknya konsumsi dalam jumlah besar dihindari , karena kandungan asam oksalat yang besar akan mengikat pasokan kalsium dalam tubuh , hal ini dapat mengakibatkan tubuh akan kekurangan gizi. Bagi orang dengan kecenderungan untuk rematik, arthritis, asam urat, batu ginjal atau hyperacidity harus berhati-hati dalam mengkonsumsi daun Oxalis barrelieri karena dapat memperburuk kondisi mereka. Tanaman ini yang berbahaya justru kandungan asam oksalatnya, bukan saponin maupun polifenolnya. Untuk mengurangi kandungan asam oksalat, daun atau batang yang akan digunakan harus direbus terlebih dahulu.

Kegunaan dan khasiat
 
Seperdu pokok belimbing tanah (akar, daun dan buah) direbus hingga mendidih. Air rebusan ini diminum dua kali sehari untuk me­nyembuhkan penyakit buasir, darah tinggi dan kencing manis. Air ini juga dipercayai berkesan untuk merawat sakit buah pinggang, lemah Jantung serta dapat menghilangkan da­haga.Buah belim­bing tanah yang segar boleh di­makan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah yang hitam didapati le­bih berkesan.

penyakit penyakit yang bisa di sembuhkan dengan calingcing:
Dapat mengubati penyakit kencing manis. Dapat mengubati penyakit darah tinggi. Dapat mengubati penyakit lemah jantung. Dapat mengubati penyakit buah pinggang.. Di negeri Cina Oxalis corniculata digunakan dalam rawatan demam, Hepatitis, Pedih usus (enteritis), Jangkitan salur kencing (urinary tract infections), gangguan saraf (neurasthenia), tekanan perasaan ( hypertension).
الصلح

Popular posts from this blog

Definisi Dan Penyebab Penyakit Abses Berikut Solusinya

12 Tips Sarapan Pagi Paling Baik Bagi Kesehatan